Analisis Orientasi Kewirausahaan Dan Keunggulan Penciptaan Nilai Terhadap Kinerja Pemasaran Pada UMKM Kuliner Di Kota Pontianak
Abstract
Penelitian merupakan sebuah pengujian dari analisis orientasi kewirausahaan dan keunggulan penciptaan nilai terhadap kinerja pemsaran UMKM kuliner di Kota Pontianak. Jumlah UMKM kuliner di Kota Pontianak terus berkembang menuntut kemampuan bersaing dalam memasarkan produknya. penelitian ini menggunakan asosiatif. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif. Data penelitian ini adalah 75 responden UMKM kuliner di Kota Pontianak. Hasil penelitian bahwa orientasi kewirausahaan tidak berpengaruh positif, keunggulan penciptaan nilai berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Sebaiknya UMKM kuliner di Kota Pontianak meningkatkan keunikkan produk, kualitas produk, dan kualitas tempat dengan keinginan konsumen.