Analisis Pengaruh Harga Kompetitif, Daya Tarik Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Seng Merk Lgg Pada CV Indomat Di Pontianak
Abstract
Perkembangan dunia bisnis pada era globalisasi ini telah berjalan dengan dinamis dan pesat dengan semakin bertambahnya bisnis-bisnis baru. Persaingan bisnis yang ketat membuat pelaku bisnis selalu berusaha untuk mempertahankan bisnisnya dan bersaing untuk mencari pelanggan baru. Maka dari itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa pengaruh harga kompetitif, daya tarik promosi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian seng merk LGG pada CV Indomat di Pontianak. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 154 responden dengan kriteria yang pernah membeli seng merk LGG pada CV Indomat di Pontianak lebih dari satu kali menggunakan metode Slovin. Analisa yang digunakan adalah analisa linear berganda yang menggunakan program yang bernama SPSS (Statistical Program For Social Science) versi 25. Teknik analisis data berupa pengujian validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik (Normalitas, Heteroskedastisitas, Multikolinearitas, dan Autokorelasi), uji korelasi, koefisien determinasi, regresi linear berganda, uji F, dan uji t. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa semua variabel bebas dan variabel terikat dinyatakan valid sedangkan hasil uji t menunjukkan bahwa variabel harga kompetitif, daya tarik promosi dan kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian pada CV Indomat di Pontianak. Saran yang dapat diberikan adalah mempertahankan kualitas produk serta harga yang terjangkau sehingga promosi yang di lakukan dapat tepat sasaran guna meningkatkan minat beli konsumen.