Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan, Atmosphere Hotel Dan Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Aston Di Pontianak
Abstract
Persaingan antar perusahaan saat ini sangat ketat, sehingga manajemen perusahaan berupaya untuk memberikan rencana pemasaran yang kreatif dengan memberikan pelayanan yang terbaik dan mampu memberikan pengalaman unik kepada pelanggannya. Perusahaan harus mampu menciptakan suatu ide baru yang dapat memberikan nilai lebih kepada konsumen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh variabel nilai pelanggan, atmosphere hotel dan experiential marketing terhadap kepuasan konsumen pada Hotel Aston di Pontianak. Adapun besarnya populasi dalam penelitian ini adalah tercatat sebesar 28.490 pada tahun 2020. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 150 responden dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan metode analisis yang digunakan adalah analisis linear berganda dengan alat bantu SPSS versi 25. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa nilai pelanggan, atmosphere hotel dan experiential marketing berpengaruh signifikan secara simultan dan parsial terhadap kepuasan konsumen.