Analisis Pengaruh Citra Credit Union, Tingkat Kepercayaan Dan Daya Tarik Produk Terhadap Minat Masyarakat Menjadi Anggota Pada Credit Union Khatulistiwa Bakti Pontianak
Abstract
Banyaknya pesaing di bidang yang sama dengan menampilkan produk sejenis membuat para anggota mudah tertarik dengan keuntungan yang ditawarkan, inilah yang membuat penulis tertarik untuk mengetahui apakah variabel citra credit union, tingkat kepercayaan dan daya tarik produk terhadap dapat menumbuhkan minat masyarakat menjadi anggota pada Credit UnionĀ Khatulistiwa Bakti Pontianak. Tujuan dari minat masyarakat menjadi anggota agar dapat menambahkan anggota yang sempat mengalami penurunan jumlah anggota. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi. Populasi 96 responden dengan teknik pengambilan sampel berdasarkan metode accidental sampling. Dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif yang dilakukan dengan menghitung pengaruh variabel independen dan dependen dengan menggunakan software SPSS (statistical product and service solution) versi 26. Berdasarkan hasil pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel citra credit union, tingkat kepercayaan dan daya tarik produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat masyarakat menjadi anggota. Hasil pengujian secara parsial (uji T) menunjukkan bahwa citra credit union, tingkat kepercayaan dan daya tarik produk berpengaruh secara signifikan terhadap minat masyarakat menjadi anggota.