Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Daya Tarik Iklan Terhadap Minat Beli Sepeda Motor Yamaha Di PT. Multi Pratama Nusantara Di Pontianak
Abstract
Seiring dengan perkembangan jaman membuat teknologi yang ada berkembang dengan sangat cepat sehingga perusahaan berlomba-lomba untuk menciptakan produk yang sesuai dengan keinginan serta dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Hal ini yang membuat penulis tertarik untuk mengetahui apakah variabel kualitas produk, harga, dan daya tarik iklan dapat berpengaruh terhadap minat beli. Dengan tingkat minat beli yang sangat tinggi pada suatu perusahaan akan meningkatkan pendapatan perusahaan tersebut. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah semua calon pelanggan yang menanyakan informasi mengenai produk serta melakukan test drive dan jumlah sampel 115 responden dengan teknik pengambilan sampel berdasarkan metode accidential sampling. Dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif yang dilakukan dengan menghitung pengaruh variabel indenpenden dan dependen dengan menggunakan software SPSS (Statistikal Product and Service Solution) versi 26. Berdasarkan hasil pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel kualitas produk, harga dan daya tarik iklan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Hasil pengujian secara persial (uji T) menunjukkan bahwa variabel kualitas produk dan daya tarik iklan berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli dan variabel harga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat kembali.