Pengaruh Nilai Pelanggan, Daya Tarik Produk Simpanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Anggota Pada Kantor Pusat Cu Sumber Berkat Di Sanggau
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah membangun sebuah model konseptual untuk meneliti bagaimana hubungan variabel nilai pelanggan, daya tarik produk simpanan dan citra perusahaan dalam mempertahankan loyalitas anggota pada Kantor Pusat CU Sumber Berkat di Sanggau. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kausalitas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuesioner, wawancara dan studi dokumentasi. Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode regresi linear berganda yang diolah dengan komputer menggunakan program Statistical Product and Service Solutions (SPSS) versi 23. Pengujian data dilakukan dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi), uji korelasi, uji koefisien determinasi, uji regresi linear berganda, uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara nilai pelanggan terhadap loyalitas anggota. Sedangkan variabel daya tarik produk simpanan dan citra perusahaan tidak terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas anggota.