Pengaruh Inovasi Produk Simpanan, Daya Tarik Promosi Dan Brand Image Terhadap Minat Menabung Anggota Credit Union Khatulistiwa Bakti Di Pontianak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi produk simpanan, daya tarik promosi dan brand image terhadap minat menabung anggota Credit Union Khatulistiwa Bakti di Pontianak. Alat analisis yang di pakai dalam penelitian ini adalah metode kausalitas. Metode kausalitas digunakan untuk mengetahui pengaruh inovasi produk simpanan, daya tarik promosi dan brand image terhadap minat menabung anggota Credit Union Khatulistiwa Bakti di Pontianak. Metode pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner dan studi dokumenter. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota Credit Union Khatulistiwa Bakti di Pontianak dan jumlah sampel 104 responden dengan teknik pengambilan sampel berdasarkan metode purposive sampling. Teknik data yang digunakan adalah analisis kuantitatif yang dilakukan dengan menghitung pengaruh variabel independen dan dependen dengan menggunakan Software Statistikal Product and Service Solution (SPSS) versi 23. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan nilai signifikansi α = 0,05. Berdasarkan hasil pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel inovasi produk simpanan, daya tarik promosi dan brand image secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung anggota. Hasil pengujian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa variabel inovasi produk simpanan, daya tarik promosi dan brand image secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung anggota.