Analisis Pengaruh Hedonic Shopping Value, Location, Dan Price Terhadap Keputusan Pembelian Di Supermarket Carrefour, Pontianak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hedonic shopping value, location, dan price terhadap keputusan pembelian. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif dengan pengumpulan data berupa wawancara dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang berbelanja di Supermarket Carrefour, Pontianak. Untuk teknik pengambilan sampel menggunakan teknik rumus slovin berdasarkan jumlah 100 orang dengan kriteria yaitu konsumen yang sering berbelanja di Supermarket Carrefour, Pontianak. Teknik analisis data yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif, uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, korelasi dan koefisien determinasi serta uji hipotesis berupa uji F dan uji t dengan program SPSS 22. Hasil pengujian menunjukkan hedonic shopping value berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan pengujian location dan price berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.