Analisis Pengaruh Brand Image, Kepercayaan Pelanggan, Dan Daya Tarik Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Ekaric Dwiputra (Swalayan Citra Siantan) Di Pontianak
Abstract
Bisnis ritel pada era globalisasi ini telah mengalami peningkatan yang cukup pesat dan persaingan pasar juga semakin ketat dikarenakan oleh terpenuhi atau tidaknya kebutuhan konsumen. Para bisnis ritel bersaing untuk memperlihatkan kualitas maupun keunggulan yang dimiliki demi merebut perhatian konsumen. Maka dari itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa pengaruh brand image, kepercayaan pelanggan, dan daya tarik promosi terhadap keputusan pembelian pada PT Ekaric Dwiputra (Swalayan Citra Siantan) di Pontianak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan kuisioner dengan teknik accidental sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 139 responden. Analisa yang digunakan adalah analisa linear berganda yang menggunakan program yang bernama SPSS (Statistical Program For Social Science) versi 22. Pengujian data yang dilakukan dengan uji validitas, uji reabilitas, asumsi klasik (Normalitas, Heteroskedastisitas, Multikolinearitas, dan Autokorelasi), uji koefien korelasi, uji koefisien determinan, uji regresi linear berganda, uji F, uji t. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa semua variabel bebas dan variabel terikat dinyatakan valid sedangkan hasil uji t menunjukkan bahwa variabel brand image, kepercayaan pelanggan, dan daya tarik promosi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian pada PT Ekaric Dwiputra (Swalayan Citra Siantan) di Pontianak. Maka kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah adanya pengaruh brand image, kepercayaan pelanggan, dan daya tarik promosi dapat memberikan kontribusi terhadap keputusan pembelian.