Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Kepercayaan Nasabah Terhadap Minat Menabung Pada Credit Union Semarong Di Tayan Hulu Kabupaten Sanggau
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan kepercayaan nasabah terhadap minat menabung pada Credit Union Semarong di Tayan Hulu Kabupaten Sanggau. Bentuk penelitian yang digunakan adalah metode kausalitas dan teknik analisis data menggunakan wawancara, kuesioner dan studi dokumenter. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota Credit Union. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang yang ditentukan berdasarkan metode probability sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan pengukuran skala ratingdengan bantuan SPSS versi 22. Berdasarkan hasil pengujian secara simultan (uji F) dapat ditarik kesimpulan bahwa variabel kualitas pelayanan, kualitas produk dan kepercayaan nasabah secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat menabung. Hasil pengujian secara persial (uji t) menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, kualitas produk dan kepercayaan nasabah berpengaruh signifikan terhadap minat menabung.