Analisis Pengaruh Keunggulan Bersaing, Orientasi Pasar, Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Sektor UMKM Bidang Kuliner Di Kota Pontianak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keunggulan bersaing, orientasi pasar, dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran. Populasi dalam penelitian ini berfokus pada pelaku usaha Usaha Mikro, Kecil dan Menengah bidang kuliner sarapan pagi di Pontianak Kota . Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Systematic Random Sampling sejumlah 75 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan metode wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif, uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, dan koefisien determinasi serta uji hipotesis berupa uji F dan uji t dengan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 22. Hasil pengujian secara parsial (uji F) menunjukkan keunggulan bersaing, orientasi pasar dan inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran.