Analisis Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Pada UMKM Makanan Ringan Di Kota Pontianak
Abstract
Usaha Mikro, Kecil dan Menengah memberikan kontribusi yang besar terhadap perekonomian Indonesia, baik dari sisi jumlah unit usaha dan penyerapan tenaga kerja. Hal tersebut membuat para pelaku usaha lain terus melakukan pengembangan kreatifitas dan inovasi pada produk dan tingginya pertumbuhan usaha menciptakan persaingan yang tidak dapat dihindarkan bagi pelaku usaha UMKM. Perusahaan dituntut untuk memahami strategi orientasi kewirausahaan yang tepat, orientasi pasar yang baik dan inovasi produk yang benar. Adapun tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan memahami pengaruh orientasi kewirausahaan, orientasi pasar dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dari populasi 406 pelaku usaha makanan ringan di Kota Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kausalitas yang bertujuan untuk mencari hubungan sebab akibat antara setiap variabel dengan metode pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan teknik analisis kuantitatif menggunakan model SPSS versi 22 (Statistical Product and Service Solutions). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel orientasi kewirausahaan, orientasi pasar dan inovasi produk berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran.