Pengaruh Orientasi Pasar, Corporate Brand Dan Perceived Service Quality Terhadap Keputusan Membeli Pada Supermarket Dan Departement Store Kaisar Siantan Di Pontianak
Abstract
Perkembangan dibidang ritel semakin banyak dan persaingan ritel semakin pesat di Indonesia, khususnya di kota Pontianak. Supermarket dan Department Store Kaisar Siantan Pontianak adalah salah satu supermarket yang besar di Kota Pontianak dengan meningkatkan strategi orientasi pasar, corporate brand dan perceived service quality kepada konsumen, sehingga konsumen tertarik untuk mengunjungi dan membeli produk. Tujuan dari keputusan membeli yang baik meningkatkan profit yang diperoleh menjadi lebih maksimal dan memperpanjang usia perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pengunjung Supermarket dan Department Store Kaisar Siantan Pontianak yang melakukan pembelian dan bersedia mengisi kuesioner dan jumlah sampel 100 responden dengan teknik pengambilan sampel berdasarkan metode accidental sampling. Dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif yang dilakukan dengan menggunakan program SPSS versi 22. Berdasarkan hasil pengujian mendapatkan kesimpulan bahwa hasil pengujian uji F menunjukkan bahwa variabel orientasi pasar, corporate brand dan perceived service quality secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan membeli. Hasil pengujian uji t menunjukkan bahwa orientasi pasar, corporate brand dan perceived service quality secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan membeli.