Analisis Pengaruh Orientasi Pelanggan, Inovasi Produk, Adaptasi Teknologi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Membeli Pada UMKM Makanan Dan Minuman Di Pontianak
Abstract
Perubahan pola pandang konsumen memberikan dampak kepada para pelaku UMKM agar mencari tahu keinginan dan kebutuhan konsumen. Hal tersebut membuat para pengusaha lain berlomba-lomba untuk mengembangkan produk yang ditawarkan. Perusahaan dituntut untuk memahami strategi orientasi pelanggan yang tepat, inovasi produk, adaptasi teknologi, dan kualitas produk yang benar dalam keputusan membeli bagi konsumen. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dari populasi 100 pelaku usaha di kota Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kausalitas yang bertujuan untuk menjelaskan sebab akibat antar variabel dengan teknik analisis kuantitatif menggunakan model SPSS 22 (Statistical Product and Service Solutions). Hasil penelitian secara simultan menunjukkan variabel orientasi pelanggan, inovasi produk, adaptasi teknologi, dan kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan membeli.