Analisis Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Sales Growth terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sub Sektor Plastik dan Kemasan di Bursa Efek Indonesia
Abstract
Kajian ini bertujuan untuk mengetahui apakah profitabilitas, leverage, dan sales growth berpengaruh terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sub sektor plastik dan kemasan di Bursa Efek Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan sub sektor plastik dan kemasan di Bursa Efek Indonesia yaitu dua belas perusahaan. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling dengan kriteria yang ditetapkan adalah perusahaan sub sektor plastik dan kemasan yang telah IPO sebelum tahun 2013 yang memiliki periode laporan keuangan sampai bulan Desember, sehingga sampel yang diperoleh adalah 9 perusahaan. Alat analisis yang digunakan adalah uji asumsi klasik, uji korelasi berganda, koefisien determinasi, uji regresi linear berganda, uji kelayakan model, dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian tentang pengaruh profitabilitas, leverage, dan sales growth terhadap nilai perusahaan, kesimpulannya adalah profitabilitas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, leverage tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan sales growth berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan.