Analisis Pengaruh Store Atmosphere dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Membeli Konsumen pada Minimarket Idol di Pontianak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh store atmosphere dan kualitas pelayanan terhadap minat membeli pada Minimarket Idol di Pontianak. Metode penelitian ini merupakan metode deskriptif dengan populasi yang di mana menggunakan semua konsumen yang telah berkunjung pada minimarket tersebut selama beberapa tahun terakhir. Teknik pengumpulan data adalah accidental sampling yang digunakan sebanyak seratus responden di mana penulis akan menyebarkan kuesioner kepada para pengunjung maupun konsumen yang berada pada lokasi minimarket. Dari perhitungan uji validitas semua variabel adalah valid. Hasil uji reliabilitas juga menunjukkan semua instrumen yang digunakan peneliti adalah reliabel. Hasil analisis regresi linier berganda adalah Y = 0,429 X1 + 0,394 X2. Hasil uji F sebesar 0,000 pada tingkat signifikansi 0,05. Sedangkan pada uji t menghasilkan variabel store atmosphere berpengaruh signifikan terhadap minat membeli dan kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap minat membeli.