Pengaruh Growth Opportunity, Capital Expenditure dan Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sub Sektor Plastik dan Kemasan di Bursa Efek Indonesia
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif yang dilakukan untuk mengetahui pengaruh growth opportunity, capital expenditure dan struktur modal terhadap nilai perusahaan pada Perusahaan Sub Sektor Plastik dan Kemasan di Bursa Efek Indonesia dengan periode penelitian selama enam tahun, dari tahun 2012 sampai dengan tahun 2017. Populasi dalam penelitian ini seluruh Perusahaan Sub Sektor Plastik dan Kemasan berjumlah tiga belas perusahaan. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan kriteria perusahaan yang Initial Public Offering (IPO) sebelum tahun 2012, sehingga diperoleh sampel sebanyak sepuluh perusahaan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif, pengujian asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji koefisien korelasi (R) dan koefisien determinasi (R2), uji F dan uji t. Hasil pengujian menunjukkan growth opportunity dan capital expenditure tidak berpengaruh sedangkan struktur modal berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan .