Pengaruh Orientasi Pelanggan dan Inovasi Produk terhadap Peningkatan Kinerja Pemasaran pada UMKM Makanan dan Minuman di Kota Pontianak
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh orientasi pelanggan dan inovasi produk terhadap peningkatan kinerja pemasaran pada UMKM makanan dan minuman di Kota Pontianak. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode hubungan kausal yang dilakukan untuk mencari hubungan sebab akibat antar variabel. Beberapa teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan penyebaran kuesioner. Sampel yang digunakan sebanyak 110 responden dengan menggunakan metode Purposive Sampling, yang dimana terdapat karakteristik yang digunakan yaitu umur responden dan lamanya berusaha dijalankan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif, dengan menggunakan skala rating sedangkan untuk memproses data menggunakan program SPSS 17.0. Berdasarkan hasil analisis regresi menunjukkan bahwa variabel orientasi pelanggan dan inovasi produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap peningkatan kinerja pemasaran pada UMKM makanan dan minuman di Kota Pontianak.