Analisis Pengaruh Citra Perusahaan dan Kepercayaan Anggota terhadap Minat Menabung Anggota pada Credit Union Khatulistiwa Bakti Kantor Pelayanan Kota Baru di Pontianak
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh citra perusahaan dan kepercayaan anggota terhadap minat menabung pada Credit Union Khatulistiwa Bakti Kantor Pelayanan Kota Baru di Pontianak. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah anggota yang pernah menabung dengan total populasi sebanyak 2.897 orang berdasarkan tahun 2017. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini adalah dengan metode incidental sampling sampel sebanyak 100 orang. Hasil dari uji reliabilitas menunjukkan bahwa instrument yang digunakan peneliti adalah reliabel. Pada tingkat signifikansi 0,05 yang menyatakan bahwa variabel citra perusahaan dan kepercayaan anggota berpengaruh signifikan terhadap variabel minat menabung. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji koefisien korelasi (r), uji koefisien determinasi (uji r2), uji regresi berganda, uji f dan uji t. Hasil pengujian statistik diketahui bahwa variabel citra perusahaan memberikan penilaian tertinggi terhadap minat menabung anggota. Saran yang dapat diberikan adalah pihak Credit Union harus lebih meningkatkan kepedulian terhadap anggota dan kejujuran pegawai dalam melayani anggota agar pemilik selalu mengawasi pegawai dalam melayani anggota.