Analisis Pengaruh Kinerja Layanan dan Customer Relationship Marketing terhadap Minat Menginap Kembali pada Harris Hotel di Potianak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh kinerja layanan dan customer relationship marketing terhadap minat menginap kembali pada Harris Hotel di Pontianak. Metode penelitian ini merupakan metode kausalitas dengan populasinya 39.860 pada tamu hotel. Teknik pengumpulan data adalah accidental sampling, sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dimana penulis menyebarkan kuesioner kepada para tamu hotel. Dari perhitungan uji validitas semua variabel adalah valid. Hasil uji reliabilitas juga menunjukkan semua instrumen yang digunakan peneliti adalah reliabel. Hasil analisis regresi linier berganda adalah Y = 0,087 X1 + 0,163 X2. Hasil uji F sebesar 0,000 pada tingkat signifikansi 0,05. Sedangkan pada uji t menghasilkan variabel kinerja layanan berpengaruh signifikan terhadap minat menginap kembali dan customer relationship marketing berpengaruh positif signifikan terhadap minat menginap kembali. Dari perhitungan normalitas menunjukkan bahwa data yang digunakan bersifat normal karena memperoleh nilai 0,200.