Analisis Pengaruh Orientasi Pasar, Product Innovativeness, dan Brand Trust terhadap Kinerja Penjualan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Makanan Ringan di Pontianak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar, product innovativeness, dan brand trust terhadap kinerja penjualan UMKM makanan ringan di Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif kausalitas, Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan, kuisioner dan wawancara. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah responden 114 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif, dengan menggunakan skala rating dan untuk memproses data pada penelitian ini menggunakan program spss 22. Berdasarkan hasil pengujian dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel orientasi pasar, product innovativeness dan brand trust secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja penjualan. Hasil pengujian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa orientasi pasar, dan brand trust berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja penjualan, dan product innovativeness tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja penjualan. Adapun saransaran yang dapat disampaikan kepada pelaku bisnis makanan ringan di Pontianak adalah meningkatkan usaha-usaha orientasi pasar, menciptakan produk yang inovatif serta menumbuhkan kepercayaan konsumen akan merek untuk tujuan peningkatan penjualan.