Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Hubungan dan Nilai Produk terhadap Keputusan Membeli pada Restoran Pondok Nelayan di Pontianak
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh harga, kualitas hubungan dan nilai produk terhadap keputusan membeli pada Restoran Pondok Nelayan di Pontianak. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini seluruh pelanggan yang tidak diketahui jumlah pastinya. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini adalah dengan metode purposive sampling sampel sebanyak 100 orang. Hasil dari uji reliabilitas menunjukkan bahwa instrument yang digunakan peneliti adalah reliabel. Pada tingkat signifikansi 0,05 yang menyatakan bahwa variabel harga, kualitas hubungan dan nilai produk berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan membeli.Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji koefisien korelasi (r), uji koefisien determinasi (uji r2), uji regresi berganda, uji f dan uji t. Hasil pengujian statistik diketahui bahwa variabel harga menunjukkan hasil yang tinggi terhadap pengaruh keputusan membeli. Saran yang dapat diberikan adalah harus lebih meningkatkan kualitas pelayanan menjadi lebih baik sehingga dapat mendorong dan menarik perhatian konsumen untuk melakukan keputusan pembelian dan melakukan pembelian secara berulang.