Analisis Pengaruh Kualitas Hubungan dan Kinerja Layanan terhadap Keputusan Pembelian Asuransi Kebakaran pada PT Asuransi Central Asia Cabang Pontianak
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas hubungan dan kinerja layanan terhadap keputusan pembelian asuransi kebakaran pada PT Asuransi Central Asia Cabang Pontianak. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode deksriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua nasabah yang melakukan pembelian produk asuransi kebakaran pada PT Asuransi Central Asia Cabang Pontianak dengan jumlah populasi 8893 nasabah berdasarkan data tahun 2018 dengan sampel sebanyak 100 orang responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Teknik Purposive Sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, koefisien korelasi, koefisien determinasi (R2), regresi linier berganda, uji F dan uji t. Hasil pengujian koefisien determinasi (R2) dari kedua variabel independen mampu menjelaskan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian adalah sebesar 59,3 persen. Sedangkan sisanya 40,7 persen dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas hubungan dan kinerja layanan.