Pengaruh Orientasi Penjualan terhadap Kinerja Tenaga Penjualan pada PT Asuransi Central Asia Cabang Pontianak
Abstract
Penelitian dilakukan untuk mengetahui seberapa signifikan pengaruh orientasi penjualan dan orientasi pelanggan terhadap kinerja tenaga penjualan. Populasi dalam penelitian semua tenaga penjual yang bekerja pada perusahaan PT Asuransi Central Asia Cabang Pontianak. Sampel dalam penelitian sebanyak 100 responden berdasarkan metode purposive sampling. Teknik analisis data berupa analisis skala rating dengan bantuan software SPSS Statistic versi 22 dengan pengujian validitas, reliabilitas, asumsi klasik, koefisien determinasi, analisis regresi linier berganda dan pembahasan hipotesis dengan menggunakan uji F dan uji t. Hasil pengujian validitas menunjukkan semua variabel valid. Hasil pengujian reliabilitas juga menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan penelitian adalah reliabel. Hasil pengujian secara simultan (Uji F). Dan hasil pengujian secara parsial (Uji t) menghasilkan variabel orientasi penjualan dan orientasi pelanggan berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap variabel kinerja tenaga penjualan.