Analisis Pengaruh Brand Trust dan Daya Tarik Produk terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Yamaha pada PT Sentral Yamaha Cabang di Pontianak
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh brand trust dan daya Tarik produk terhadap keputusan pembelian sepeda motor merek Yamaha pada PT Sentral Yamaha Cabang di Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kausalitas dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan studi dokumenter. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden yang di ambil secara acak yang telah melakukan pembelian sepeda motor pada PT Sentral Yamaha Cabang di Pontianak di mana penentuan sampel yang digunakan adalah dengan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode kuantitatif. Kesimpulan dari hasil analisis serta pembahasan yang dilakukan oleh peneliti pada PT Sentral Yamaha Cabang di Pontianak adalah masing-masing variabel brand trust serta daya tarik produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian sepeda motor merek Yamaha. Saran yang dapat penulis berikan adalah perusahaan perlu menanamkan kepercayaan kepada konsumen dengan memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen terhadap merek Yamaha serta perusahaan harus lebih tanggap dalam menangani keluhan konsumen untuk mempertahankan hubungan dengan konsumen. Dan dealer motor harus membentuk daya tarik yang lebih tinggi lagi agar konsumen membuat keputusan pembelian terhadap produk yang dijual perusahaan dealer.