Pengaruh Harga Kompetitif dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Sepeda Motor Second Hand pada PD Turbo Motor Pontianak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari harga kompetitif dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian sepeda motor second hand PD Turbo Motor Pontianak. Sampel dalam penelitian sebanyak 87 responden berdasarkan accidental sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik dengan bantuan program olahan data SPSS Statistic versi 22.0 dengan pengujian validitas, reliabilitas, asumsi klasik, uji koefisien determinasi, analisis korelasi, analisis regresi linear berganda dan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji F dan uji t. Hasil dari pengujian validitas menunjukkan bahwa semua variabel dinyatakan valid. Untuk pengujian reliabilitas menunjukkan hasil bahwa instrumen yang digunakan oleh peneliti dinyatakan reliabel. Hasil dari analisis korelasi menunjukkan bahwa masing-masing variabel bebas memiliki hubungan yang cukup dan signifikan terhadap variabel terikat. Hasil dari uji t menghasilkan bahwa harga kompetitif dan kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli.