Analisis Pengaruh Kinerja Layanan dan Kepercayaan Pelanggan terhadap Keputusan Pembelian di Apotek Mandiri 2 Pontianak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kinerja layanan dan kepercayaan pelanggan terhadap keputusan pembelian. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pelanggan Apotek Mandiri 2 di Pontianak, sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 100 responden menggunakan perhitungan rumus Ferdinand dimana teknik penentuan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Hasil dari uji reliabilitas menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan peneliti adalah reliabel. Pada tingkat signifikansi 0,05 yang menyatakan bahwa variabel kinerja layanan dan kepercayaan pelanggan berpengaruh secara signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Berdasarkan hasil uji t secara parsial menyatakan bahwa variabel kinerja layanan dan variabel kepercayaan pelanggan mempunyai pengaruh yang signifikan dan positif terhadap variabel keputusan pembelian. Adapun saran yang penulis dapat berikan adalah mempertahankan sistem yang sudah baik, memperbaiki serta meningkatkan kinerja agar Apotek Mandiri 2 memiliki keunggulan dan dapat terus berkembang.