Analisis Pengaruh Harga Kompetitif, Daya Tarik Promosi, dan Kinerja Pelayanan terhadap Minat Beli pada Swalayan Anggrek di Pontianak
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga kompetitif, daya tarik promosi dan kinerja pelayanan terhadap minat beli pada Swalayan Anggrek di Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kausalitas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuisioner. Sampel yang peneliti gunakan adalah teknik sampling insidental. Jumlah sampel sebanyak seratus tiga puluh empat (134) responden. Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisa linear berganda yang diolah dengan komputer menggunakan program SPSS versi 22 (Statistical Program For Social Science, 22). Pengujian data dilakukan dengan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik (normalitas, autokorelasi, heterokedasitas, dan multikolonieritas), uji koefisien determinasi, analisis regresi linear berganda, uji F dan uji t. Hasil pengujian yang dilakukan dengan uji validitas menunjukkan bahwa semua instrumen pada variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y) dinyatakan valid. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa harga kompetitif, daya tarik promosi dan kinerja pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli pada Swalayan Anggrek di Pontianak. Saran dari peneliti untuk pihak Swalayan Anggrek adalah lebih menjaga harga kompetitif, meningkatkan daya tarik promosi dan kinerja pelayanan untuk dapat lebih meningkatkan minat beli konsumen.