Analisis Pengaruh Bauran Produk, Kinerja Pelayanan, dan Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Supermarket Mitra Anda di Pontianak
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh bauran produk, kinerja pelayanan, dan store atmosphere terhadap keputusan pembelian pada Supermarket Mitra Anda di Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kausalitas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuesioner. Sampel yang peneliti gunakan adalah Sampling Insidental. Jumlah sampel sebanyak 100 (seratus) responden. Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisa linear berganda yang diolah dengan menggunakan program Statistical Program For Social Science (SPSS) versi 22. Pengujian data dilakukan dengan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik (normalitas, autokorelasi, heteroskedastisitas, dan multikolinearitas) uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, analisis regresi linear berganda, uji F dan uji t. Hasil pengujian yang dilakukan dengan uji validitas menunjukkan bahwa semua instrumen pada variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y) dinyatakan valid. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa bauran produk, kinerja pelayanan, dan store atmosphere berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian pada Supermarket Mitra Anda di Pontianak. Saran dari peneliti untuk pihak Supermarket Mitra Anda Pontianak adalah lebih menjaga bauran produk, meningkatkan kinerja pelayanan dan store atmosphere yang mendukung saat berbelanja sehingga dapat lebih meningkatkan keputusan pembelian.