Analisis Pengaruh Orientasi Pelanggan, Product Innovatiness, dan Daya Tarik Promosi terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Makanan Ringan di Kota Pontianak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi pelanggan, product innovatiness, dan daya tarik promosi terhadap kinerja pemasaran UMKM makanan ringan di kota Pontianak. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian kausalitas dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku usaha.Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposiv sampling jumlah sampel sebanyak 120 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan Skala reting dan analisis regresi linear berganda dengan bantuan Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel orietasi pelanggan, product innovatiness, dan daya tarik promosi memiliki pengaruh terhadap kinerja pemasaran. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik orientasi pelanggan, product innovatiness, dan daya tarik promosi yang dibangun oleh pelaku usaha maka akan meningkatkan kinerja pemasaran pada usaha.