Analisis Pengaruh Word of Mouth, Kepercayaan Merek dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Menjadi Anggota pada Credit Union Keling Kumang di Pontianak

Authors

  • Valentinus Dion Teguh Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh word of mouth, kepercayaan merek dan kualitas layanan terhadap keputusan menjadi anggota pada Credit Union Keling Kumang di Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuesioner. Penentuan sampel yang peneliti gunakan adalah metode non probability sampling teknik purposive sampling. Jumlah sampel sebanyak seratus (100) responden. Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode uji validitas, uji reliabilitas, uji F dan uji t, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda serta uji koefisien determinasi yang diolah dengan komputer menggunakan program SPSS versi 25 (Statistical Program For Social Science, 25). Hasil analisis uji F menunjukan word of mouth, kepercayaan merek dan kualitas layanan secara bersamaan berpengaruh terhadap keputusan menjadi anggota Credit Union Keling Kumang di Pontianak. Hasil dari uji t menunujukan bahwa variabel word of mouth berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menjadi anggota. Variabel kepercayaan merek berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menjadi anggota. Sedangkan variabel kualitas layanan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menjadi anggota. Dari hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan pula bahwa word of mouth berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menjadi anggota, kepercayaan merek berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menjadi anggota dan kualitas layanan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menjadi anggota. Saran dari peneliti untuk pihak staf Credit Union Keling Kumang di Pontianak untuk terus memperhatikan kualitas pelayanan. Setiap adanya kendala yang terjadi diharapkan segera diselesaikan dengan cepat dan baik. Kualitas layanan yang telah diberikan Credit Union Keling Kumang di Pontianak memang sudah sangat  baik, namun keinginan anggota terus berubah dan pastinya ada hal baru yang akan terus menjadi tantangan bagi pihak lembaga, namun dengan mengetahui solusi yang tepat dan pengetahuan yang luas akan kemauan anggota pastilah ini bukan hal yang menyulitkan bagi pihak Credit Union Keling Kumang di Pontianak. Hal ini harus menjadi sorotan kedepannya agar calon anggota tidak ragu dalam menentukan keputusan untuk menjadi anggota pada Credit Union Keling Kumang di Pontianak.

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles