Analisis Pengaruh Kapabilitas Inovasi, Harga Kompetitif, dan Daya Tarik Promosi terhadap Kinerja Pemasaran pada UMKM Makanan dan Minuman di Pontianak
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kapabilitas inovasi, harga kompetitif, dan daya tarik promosi terhadap kinerja pemasaran pada UMKM makanan dan minuman di Pontianak. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian kausal. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan kuesioner. Populasi penelitian ini adalah seluruh pelaku usaha UMKM Makanan dan Minuman di Pontianak, serta jumlah sampel yang diambil adalah berjumlah 100 responden, dimana jumlah sampel tersebut diambil oleh penulis secara sensus. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan menggunakan bantuan program SPSS versi 25. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh peneliti, diketahui bahwa variabel kapabilitas inovasi, harga kompetitif, dan daya tarik promosi memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pemasaran UMKM makanan dan minuman di Pontianak. Saran yang diberikan penulis kepada UMKM Makanan dan Minuman ini adalah para pelaku usaha harus lebih berinisiatif melakukan pengamatan atau analisis pasar, memperluas pengetahuan & kemampuan untuk menciptakan ciri yang istimewa pada produk, dan mempertimbangkan strategi harga secara kritis, serta mempertimbangkan secara matang persiapan dan pelaksanaan kegiatan promosi.