Analisis Pengaruh Diferensiasi Produk, Daya Tarik Promosi, dan Store Brand terhadap Keputusan Pembelian pada Restoran American Fried Chicken di Pontianak
Abstract
Perkembangan bisnis di era globalisasi ini telah berkembang sangat pesat, salah satunya bisnis kuliner. Oleh karena itu, para pemilik usaha berlomba-lomba menarik konsumen melalui berbagai strategi pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh diferensiasi produk, daya tarik promosi, dan store brand terhadap keputusan pembelian pada Restoran American Fried Chicken di Pontianak. Teknik pengambilan sampel menggunakan insidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 112 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan skala rating dan analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan dan parsial diferensiasi produk, daya tarik promosi, dan store brand berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, maka sebaiknya manajemen Restoran American Fried Chicken di Pontianak meningkatkan strategi pemasaran berupa diferensiasi produk yang lebih inovatif, promosi memiliki daya tarik yang kuat, serta merek yang dapat melekat di benak konsumen sehingga menawarkan sebuah nilai lebih untuk konsumen yang akan erat hubungannya dengan meningkatkan keputusan pembelian.