Pengaruh Harga Kompetitif, Nilai Pelanggan dan Orientasi Pasar terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Fashion di Kota Pontianak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Harga Kompetitif, Nilai Pelanggan dan Orientasi Pasar terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Fashion di Kota Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah pengusaha UMKM Fashion di Pontianak. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 112 respondend. Metode penelitian sampel menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data berupa teknik analisis statistic menggunakan SPSS versi 22 dengan pengujian validitas, realiabilitas, analisis korelasi dan koefisien determinasi, analisis regresi linear berganda dan hipotesis uji F dan uji t. Berdasarkan hasil uji dapat dilihat bahwa Harga Kompetitif, Nilai Pelanggan dan Orientasi Pasar berpengaruh secara signifikan terhadap Kinerja Pemasaran pada UMKM Fashion Kota Pontianak.