Pengaruh Keragaman Produk, Suasana Toko, dan Kualitas Informasi terhadap Minat Beli Konsumen pada Supermarket Kaisar di Pontianak
Abstract
Bisnis ritel mengalami peningkatan di setiap tahunnya. Oleh karena itu, perusahaan ritel perlu mempertahankan konsumen yang ada dan meningkatkan kekuatan bersaing perusahaan tersebut. Perusahaan perlu memperhatikan faktor-faktor yang dapat menarik minat konsumen untuk datang dan berbelanja, yaitu faktor keragaman produk, suasana toko, dan kualitas informasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh keragaman produk, suasana toko, dan kualitas informasi terhadap minat beli pada Supermarket Kaisar di Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah hubungan kausalitas, pengumpulan data dilakukan dengan cara kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah purposive sampling. Dengan sampel 125 responden yang telah berbelanja minimal dua kali dan pembelian dilakukan pada tiga tahun terakhir. Hasil pengujian uji F menunjukkan bahwa model regresi linear adalah layak dan dapat digunakan dalam penelitian. Hasil uji t menunjukkan bahwa keragaman produk, suasana toko, dan kualitas informasi berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli. Maka kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah adanya pengaruh keragaman produk, suasana toko, dan kualitas informasi yang dapat memberikan kontribusi dalam minat membeli. Diharapkan Supermarket Kaisar lebih memperhatikan keragaman produk, suasana toko, dan kualitas informasi karena terbukti bahwa faktor-faktor tersebut berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen.