Analisis Pengaruh Store Atmosphere, Kelengkapan Produk dan Daya Tarik Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada Swalayan Garuda Mitra di Pontianak
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan agar mengetahui pengaruh store atmosphere, kelengkapan produk dan daya tarik promosi terhadap keputusan pembelian. Pada penelitian ini menggunakan kuantitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan melalui kuesioner dan studi dokumenter. Data yang digunakan pada penelitian ini yaitu melalui data dari hasil jawaban responden di kuesioner penelitian yang disebarkan. Populasi pada penelitian ini merupakan konsumen yang sudah pernah berbelanja dan akan berbelanja pada Swalayan Garuda Mitra di Pontianak. Penelitian ini sampel yang ditarik sebanyak 100 orang, untuk menghindari data eror maka peneliti menyebarkan kuesioner sebanyak 125 namun, terdapat sebanyak 5 kuesioner yang rusak sehingga kusioner yang kembali tertinggal 120 orang. Teknik analisis data yang dalam penelitian ini menggunakan skala rating dengan bantuan program olah data Software SPSS Statistic versi 22. Untuk pengujian pada variabel penelitian dilakukan pengujian validitas, relibilitas, uji asumsi klasik, uji koefisien determinasi, uji korelasi berganda serta pengujian hipotesis menggunakan uji F dan uji t. Pada analisis hasil secara kuantitatif yang telah dilakukan yaitu pengujian statistik uji F yang dimana menunjukan bahwa model regresi linear dinyatakan layak serta dapat digunakan dalam penelitian ini. Sedangkan pada hasil uji hipotesis menunjukan bahwa variabel store atmosphere, kelengkapan produk dan daya tarik promosi berpengaruh positif dan signnifikan terhadap keputusan pembelian. Adapun kesimpulan yang dapat ditarik bahwa adanya pengaruh store atmosphere, kelengkapan produk dan daya tarik promosi terhadap keputusan pembelian pada Swalayan Garuda Mitra di Pontianak yang memberikan peningkatan pada keputusan pembelian konsumen. Saran yang dapat penulis berikan kepada Swalayan Garuda Mitra di Pontianak adalah meningkatkan store atmosphere untuk menciptakan suasana toko yang nyaman, tersedianya produk dengan komplit dan menambah produk-produk untuk dipromosikan sehingga tidak hanya produk tertentu saja. Hal ini bertujuan agar dapat memberikan daya tarik dari pelanggan pada pembelian produk dan tetap mendapatkan promosi harga.