Analisis Pengaruh Tingkat Daya Tarik Produk Simpanan, Brand Image Credit Union, dan Tingkat Suku Bunga Tabungan terhadap Minat Menabung Anggota pada Credit Union Lantang Tipo Cabang Jeruju di Pontianak

Authors

  • Fransisca Lika Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Daya Tarik Produk, Brand Image, Tingkat Suku Bunga terhadap Minat Menabung anggota pada Credit Union Lantang Tipo Cabang Jeruju di Pontianak. Bentuk penelitian menggunakan metode kausal. Teknik pengumpulan data menggunakan interview (wawancara) dan kuesioner (angket). Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel 150 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan menggunakan skala rating dan program spss versi 22. Berdasarkan hasil pengujian dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil uji F menunjukkan bahwa variabel daya tarik produk, brand image, tingkat suku bunga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung anggota  yang diketahui dari nilai Fhitung yaitu 115,373 lebih besar dari pada nilai Ftabel yaitu 2,67. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel daya tarik produk, brand image, tingkat suku bunga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung anggota  yang diketahui dari nilai thitung sebesar 2,089 untuk variabel daya tarik produk, 4,147 untuk variabel brand image, dan 6,808 unruk variabel tingkat suku bunga, sehingga seluruh nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel yaitu sebesar 1,655. Adapun saran yang dapat penulis berikan kepada pihak CU Lantang Tipo Cabang Jeruju di Pontianak yaitu diharapkan dapat meningkatkan daya tarik produk melalui berbagai aspek yaitu dapat lebih berinovasi, dapat meningkatkan brand image atau membangun citra yang lebih baik lagi melalui berbagai aspek yaitu dengan memperhatikan citra perusahaan

Downloads

Published

2023-05-31

Issue

Section

Articles