Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Jasa dan Citra Lembaga terhadap Minat Menabung pada Kantor Cabang CU Semarong di Kecamatan Meliau Kabupaten Sanggau
Abstract
Kantor Cabang CU Semarong di Kecamatan Meliau Kabupaten Sanggau merupakan lembaga keuangan yang berbentuk koperasi simpan pinjam. Sama halnya dengan lembaga keuangan lainnya Kantor Cabang CU Semarong di Kecamatan Meliau Kabupaten Sanggau juga menawarkan berbagai produk simpanan, pinjaman dan juga layanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan jasa dan citra lembaga terhadap minat menabung pada Kantor Cabang CU Semarong di Kecamatan Meliau Kabupaten Sanggau. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota Kantor Cabang CU Semarong di Kecamatan Meliau Kabupaten Sanggau.Teknik pengambilan data sampel menggunakan purposive sampling dan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan menggunakan pengukuran skala likert. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, koefisien korelasi, koefisien determinasi (R2), regresi linear berganda, uji F dan uji T. Untuk mengelola data pada penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS versi 22. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa variabel kualitas layanan jasa dan citra lembaga memberikan pengaruh yang signifikan dan simultan terhadap variabel minat menabung.