Pengaruh Selling Orientation-Customer Orientation, dan Kualitas Produk Terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Makanan dan Minuman di Pontianak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel orientasi penjualan, orientasi pelanggan, dan kualitas produk yang mempengaruhi kinerja pemasaran UMKM makanan dan minuman di Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kausalitas dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara serta teknik penarikan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 128 UMKM makanan dan minuman yang ada di Kota Pontianak. Analisis kuantitatif dilakukan melalui Statistical Package for Social Science (SPSS) versi 22. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan mengenai variabel orientasi penjualan, orientasi pelanggan, dan kualitas produk, dapat disimpulkan bahwa variabel penelitian yang digunakan berpengaruh terhadap kinerja pemasaran UMKM makanan dan minuman di Pontianak.