Analisis Pengaruh Harga Kompetitif, Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Produk Sabun Lifebuoy pada PD Andhika Primajaya Pontianak
Abstract
Penelitian ini dilakukan disebabkan masalah penurunan penjualan dan persaingan yang ketat pada suatu produk. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 817 pelanggan. Sampel penelitian sebanyak 100 responden. Dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data berupa analisis statistik dengan pengujian validitas, reliabilitas, asumsi klasik, analisis korelasi, koefisien determinasi, analisis regresi linier berganda dan pembahasan hipotesis dengan menggunakan Uji F dan Uji t. Hasil pengujian validitas menunjukkan semua variabel valid. Hasil pengujian reliabilitas menunjukan semua variabel reliabel. Hasil dari analisis korelasi menunjukkan masing-masing variabel berhubungan secara signifikan. Hasil dari koefisien determinasi sebesar 0,620. Hasil dari Uji F adalah sebesar 54,881 pada tingkat signifikansi 0,05. Sedangkan pengujian secara parsial (Uji t) menghasilkan variabel independen berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap variabel dependen. Hasil penelitian dan analisis yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa harga kompetitif, kualitas produk, dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian Produk Sabun Lifebuoy pada PD Andhika Primajaya Pontianak.