Analisis Pengaruh Orientasi Pelanggan melalui Tenaga Penjual Inovatif dan Kualitas Desain Wilayah Penjualan terhadap Kinerja Tenaga Penjual (Studi Kasus pada Sektor Ritel) di Kota Pontianak
Abstract
Persaingan di berbagai sektor ritel semakin meningkat pada era globalisasi dan menimbulkan tantangan bagi kinerja tenaga penjual sehingga memicu munculnya persaingan dalam menawarkan produk yang tidak dapat terhindarkan. Hal tersebut menuntut perusahaan untuk memahami strategi orientasi pelanggan melalui tenaga penjual inovatif dan kualitas desain wilayah penjual. Persaingan yang ketat di berbagai sektor membuat pelaku usaha sulit untuk bertahan dalam gejolak ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi pelanggan melalui tenaga penjual inovatif dan kualitas desain wilayah penjual. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dari populasi 125 kinerja tenaga penjual di Kota Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kausalitas yang bertujuan untuk menjelaskan sebab akibat antar variabel dengan teknik analisis kuantitatif menggunakan model SEM. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan variabel orientasi pelanggan melalui tenaga penjual inovatif dan kualitas desain wilayah berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja tenaga penjual. Secara parsial menunjukkan orientasi pelanggan berpengaruh signifikan terhadap kinerja tenaga penjual, tenaga penjual inovatif berpengaruh signifikan terhadap kinerja tenaga penjual dan kualitas desain wilayah berpengaruh signifikan terhadap kinerja tenaga penjual.