Analisis Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Nilai Pelanggan, Daya Tarik Produk terhadap Kinerja Pemasaran pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Fashion di Kota Pontianak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Nilai Pelanggan, Daya Tarik Produk Terhadap Kinerja Pemasaran pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Pontianak. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah pengusaha UMKM. Teknik pengambilan data menggunakan accidental probability sampling dan jumlah sampel yang di ambil sebanyak 100 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan menggunakan pengukuran Skala Rating. Untuk mengelola data pada penelitian ini menggunakan program SPSS versi 22 dengan menggunakan uji korelasi, uji regresi linear berganda, uji F, dan uji t memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel kinerja pemasaran.