Analisis Pengaruh Kinerja Layanan, Store Atmosphere, dan Daya Tarik Promosi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Toko Swalayan Citra Niaga di Pontianak
Abstract
Peneliti melakukan penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kinerja layanan, store atmosphere, dan daya tarik promosi terhadap keputusan pembelian konsumen di Toko Swalayan Citra Niaga di Pontianak. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang berbelanja. Dalam penelitian ini ditarik sampel sebanyak 100 data yang diperoleh melalui teknik Purposive Sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji korelasi, uji koefisien determinasi (R2), uji regresi linear berganda, uji F dan uji t. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan skala likert dan kemudian dilanjutkan dengan analisis kuantitatif dengan perhitungan metode statistik menggunakan bantuan komputer dalam program SPSS Versi 22. Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa variabel kinerja layanan, store atmosphere dan daya tarik promosi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Adapun saran yang dapat diberikan oleh penulis kepada perusahaan adalah dengan meningkatkan kinerja layanannya, meningkatkan store atmosphere dalam memperhatikan petunjuk letak produk sesuai dengan penempatannya agar konsumen tidak bingung dalam mencari produk yang mereka inginkan, dan meningkatkan daya tarik promosi dalam memperhatikan pemberian informasi kepada konsumen agar konsumen tidak bingung dan tidak salah dalam mendapatkan informasi produk yang mereka inginkan.