Pengaruh Orientasi Pesaing, Inovasi Produk, Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Pemasaran pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kerajinan Tangan Dikota Pontianak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi pesaing, inovasi produk, orientasi pesaing terhadap kinerja pemasaran usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) kerajinan tangan di Kota Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian klausalitas dan metode pengumpulan data menggunakan, wawancara, kuesioner, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dengan menggunakan pengukuran Skala Likert. Untuk mengelola data pada penelitian ini menggunakan program SPSS versi 22. Berdasarkan hasil pengujian dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel orientasi pesaing, inovasi produk, dan orientasi kewirausahaan secara simultan berpengaruh dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Hasil pengujian secara persial (uji t) menunjukkan bahwa orientasi pesaing, inovasi produk, dan orientasi kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran.