Analisis Lokasi, Kualitas Layanan dan Harga Kompetitif terhadap Keputusan Menginap di Hotel Aston Pontianak
Abstract
Berubahnya pola perilaku konsumen membuat para tamu hotel untuk sulit untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan tamu hotel, inilah yang membuat penulis tertarik untuk mengetahui apakah variabel lokasi, kualitas layanan dan harga kompetitif dapat menciptakan keputusan menginap di Hotel Aston Pontianak menjadi lebih baik. Tujuan dari keputusan menginap yang lebih baik akan menimbulkan rasa ingin menginap kembali dihotel tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi. Populasi 126 responden dengan teknik pengambilan sampel berdasarkan metode Accindental sampling. Dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif yang dilakukan dengan menghitung pengaruh variabel indenpenden dan dependen dengan menggunakan software SPSS (statistical product and service solution) versi 22. Berdasarkan hasil pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel lokasi, kualitas layanan dan harga kompetitif secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan menginap. Hasil pengujian secara persial (uji T) menunjukkan bahwa lokasi, kualitas layanan dan harga kompetitif berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menginap.