Pengaruh Nilai Pelanggan, Daya Tarik Layanan, dan Harga Kompetitif terhadap Keputusan Menginap di Hotel Borneo Pontianak
Abstract
Hotel Borneo Pontianak merupakan hotel bintang tiga. Hotel sebagai perusahaan jasa yang bergerak dibidang jasa penginapan, mempunyai peranan sebagai penyedia jasa penginapan bagi konsumen yang membutuhkan jasa penginapan. Perusahaan jasa yang baik tentunya akan mempelajari perilaku kosnumen guna memahami mengapa dan bagaimana konsumen bersedia membeli produk atau jasa perusahaan, dengan mempelajari perilaku konsumen serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan menginap, perusahaan akan mengetahui kesempatan baru yang berasal dari belum terpenuhinya kebutuhan konsumen. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pengaruh nilai pelanggan terhadap keputusan menginap di Hotel Borneo Pontianak, Bagaimana pengaruh daya tarik layanan terhadap keputusan menginap di Hotel Borneo Pontianak, dan Bagaimana pengaruh harga kompetitif terhadap keputusan menginap di Hotel Borneo Pontianak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh nilai pelanggan terhadap keputusan menginap di Hotel Borneo Pontianak, Untuk mengetahui pengaruh daya tarik layanan terhadap keputusan menginap di Hotel Borneo Pontianak, dan Untuk mengetahui pengaruh harga kompetitif terhadap keputusan menginap di Hotel Borneo Pontianak.
Populasi dalam penelitian ini adalah responden yang menggunakan jasa Hotel Borneo Pontianak dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik analisis kuantitatif dengan bantuan software SPSS statistic versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh analisis regresi: Y = 0,095 X1 + 0,760 X2 + 0,153 X3. Kemudian untuk uji F menunjukkan bahwa variabel nilai pelanggan, daya tarik layanan dan harga kompetitif yang tepat untuk menguji variabel keputusan menginap. Angka Adjusted R square sebesar 0,915 menunjukkan bahwa 91,50 persen variabel keputusan menginap dapat dijelaskan melalui ketiga variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya 8,50 persen dipengaruhi oleh faktor lain dari variabel yang tidak digunakan dalam penelitian ini.