Analisis Pengaruh Store Atmosphere, Keragaman Produk, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian pada Supermarket Carrefour di Pontianak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh store atmosphere, keragaman produk dan lokasi terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Supermarket Carrefour di Pontianak. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampling insidental sejumlah 100 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan metode wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif, uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, korelasi dan koefisien determinasi serta uji hipotesis berupa uji F dan uji t dengan program SPSS 22. Hasil pengujian menunjukkan store atmosphere tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan pengujian keragaman produk dan lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,519 yang menunjukkan pengaruh store atmospere, keragaman produk dan lokasi terhadap keputusan pembelian sebesar 51,90 persen.