Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, dan Intellectual Capital terhadap Nilai Perusahaan Subsektor Perdagangan Besar di Bursa Efek Indonesia
Abstract
Nilai perusahaan penting bagi pihak internal maupun eksternal sebagai cerminan mengenai kinerja dan prospek perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan, dan intellectual capital terhadap nilai perusahaan. Sampel penelitian sebanyak 27 Perusahaan Subsektor Perdagangan Besar periode 2015 hingga 2019 dengan penentuan sampel berdasarkan metode purposive sampling. Penelitian menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan. Analisis dilakukan dengan model regresi pooled OLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, sedangkan intellectual capital tidak berpengaruh. Model penelitian ini dapat menjelaskan perubahan nilai perusahaan sebesar 26,2 persen.