Analisis Pengaruh Orientasi Pelanggan, Innovativeness Product dan Kapabilitas Adaptasi Teknologi terhadap Kinerja Pemasaran pada UMKM Makanan dan Minuman di Kota Pontianak
Abstract
Semakin berkembangannya zaman menyebabkan perubahan dalam pola hidup dan kebutuhan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Orientasi Pelanggan, Innovativeness Product, dan Kapabilitas Adaptasi Teknologi terhadap Kinerja Pemasaran pada UMKM makanan dan minuman di Kota Pontianak. Dalam penelitian ini, metode penelitian menggunakan metode kausalitas, teknik pengumpulan data menggunakan menggunakan kuesioner, wawancara, dan studi dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah para pemilik usaha dan teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 112 responden. Penelitian ini menggunakan Statistical Product and Service Solutions (SPSS) versi 24 untuk menganalisis data. Hasil pengujian F menunjukan bahwa masing-masing variabel memiliki hubungan yang signifikan. Pada pengujian parsial (Uji t) menunjukan bahwa Orientasi Pelanggan, Innovativeness Product, dan Kapabilitas Adaptasi Teknologi berpengaruh terhadap Kinerja pemasaran.