Citra Perusahaan, Kualitas Pelayanan dan Rekomendasi Word of Mouth Berpengaruh terhadap Minat Menabung di Credit Union Khatulistiwa Bakti Pontianak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra perusahaan, kualitas pelayanan dan rekomendasi word of mouth terhadap minat menabung di Credit Union Khatulistiwa Bakti Pontianak. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah semua anggota Credit Union. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampling incidental dengan jumlah sampel sebanyak 112 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan Skala Likert dan analisis regresi linear berganda dengan bantuan Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel citra perusahaan, kualitas pelayanan dan rekomendasi word of mouth memiliki pengaruh terhadap minat menabung. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik citra perusahaan, kualitas pelayanan dan rekomendasi word of mouth yang dibangun oleh Credit union maka akan meningkatkan minat menabung pada setiap anggota.